BAPIN-ISMKI (Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional-Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia) merupakan badan kelengkapan IMKI dan partner ISMKI yang bergerak dalam bidang keilmiahan. Lembaga Ilmiah Nasional dengan 40 anggota lembaga ilmiah ini mewadahi seluruh mahasiswa kedokteran yang ada di Indonesia untuk menjadi mahasiswa yang memajukan dunia keilmiahan di kalangan mahasiswa kedokteran Indonesia sehingga tercipta mahasiswa kedokteran yang kritis, peka terhadap lingkungan, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, serta memiliki kompetensi dan daya saing. BAPIN-ISMKI bersama seluruh lembaga ilmiah yang ada di seluruh fakultas kedokteran di Indonesia akan terus berjuang membenahi dan meningkatkan minat menulis dalam bidang keilmiahan dikalangan mahasiswa kedokteran seluruh Indonesia.

SEJARAH

Lembaga Ilmiah Nasional ini berdiri pada tanggal 24 September 2005 di Fakultas Kedokteran Universitas Samratulangi Manado. BAPIN merupakan singkatan dari Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional yang merupakan badan kelengkapan dari Ikanat Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI), yang berjalan secara pseudoindependen. Pada periode kepengurusan 2005-2007, merupakan periode Generasi Pemimpin. Pada periode ini, Sekjen ISMKI memberi solusi atas ketidak jelasan sistem dan mekanisme ISMKI. Di awal kepengurusan Komite Ilmiah Nasional atas ijin rekomendasi dari Munas, ISMKI diubah menjadi Badan Semi Otonom (BSO) ISMKI, yaitu Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional (BAPIN) ISMKI yang lebih independen dalam mengatur urusan rumah tangganya sendiri. Selain perubahan dan penetapan sistem di awal, beberapa kegiatan yang telah dilakukan pada periode ini adalah: Menetapkan Badan Semi Otonom ISMKI sebagai garda terdepan aktifitas ISMKI, yaitu: Badan Pers Nasional (BPN), Badan Analisis dan Pengembangan Ilmiah Nasional (BAPIN), Indonesian Standing Committee on Reproductive including Aids (SCORA), Pendidikan dan Profesi Kedokteran (Pendpro) ISMKI, dan Social Service Center (SSC) ISMKI.

VISI

Memajukan dunia keilmiahan di kalangan mahasiswa kedokteran Indonesia sehingga tercipta mahasiswa kedokteran yang kritis, peka terhadap lingkungan, tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi edokteran, serta memiliki kompetensi dan daya saing.

MISI

Guna mewujudkan visi diatas, beberpa visi diperikan, yakni: (1) mengadakan kegiatan-kegiatan ilmiah di tingkat nasional dan internasional; (2) mendorong dan meningkatkan kualitas lembaga-lembaga ilmiah fakultas kedokteran di Indonesia untuk lebih profesional dan memiliki daya saing baik nasional maupun internasional; (3) membantu mempersiapkan pembentukan lembaga ilmiah di setiap fakultas kedokteran di Indonesia yang belum mempunyai lembaga ilmiah; (4) berperan aktif merespon, menganalisis, mengembangkan, dan memberikan kontribusi terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan dunia kesehatan dan kedokteran terutama di Indonesia; dan (5) menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga yang ada dalam bidang medis dan non-medis baik dari skala nasional maupun internasional.